Career Life Motivation
Leveraging Habit
April 26, 2017
1
fb 2

fb 2

“Apa yang kita pikirkan menjadi apa yang kita kerjakan, apa yang kita kerjakan secara konsisten menjadi kebiasaan kita. Kebiasaan kita menjadi nasib kita”


Kalau begitu ada baiknya kita membentuk kebiasaan-kebiasaan yang mendorong kita supaya hidup kita lebih baik, lebih sehat, lebih sejahtera. 
Pada awalnya kebiasaan ini harus dipaksakan, misalnya bangun pagi. Namun ketika sudah terbiasa maka bangun pagi akan terjadi dengan sendirinya. Banyak manfaat dengan bangun lebih pagi. Misalnya ada waktu untuk berpikir (thingking time). Belum lagi bonus bisa menyaksikan munculnya fajar, ketika warna langit berubah dari gelap menjadi keunguan dan kemudian kemerahan.

 

Ketika kita bangun lebih pagi, kita sudah start lebih awal dari ‘kompetitor’kita. Keunggulan sejam-dua jam ini memang tidak terasa namun dengan berjalannya waktu, kelebihan sedikit-sedikit ini dalam 10-15 tahun memberikan ‘edge’ yang tidak sedikit.


Tambahan lagi, bangun lebih awal berarti persiapan kita yang lebih baik. Kita bisa menyempatkan diri berolahraga ringan (30 menit), jadi berangkat kerja dengan lebih fresh dan emosi yang lebih positif. Kembali, satu hari mungkin tidak memberikan perbedaan yang banyak, namun dalam jangka waktu 10-20 tahun jika kita konsisten, hasilnya bisa bumi dan langit. 
Ini salah satu contoh kebiasaan saja. Hebatnya adalah ketika kebiasaan ini sudah install, maka kita tidak perlu energi lagi untuk mengerjakannya. Semua terjadi seperti otomatis.

 

Kalau saja kita bisa meng-install makin banyak kebiasaan baik, misalnya kebiasaan going extra mile, kebiasaan bersyukur, kebiasaan membaca buku atau belajar, kebiasaan berolahraga, kebiasaan menabung dst. Kira-kira bagaimana dampaknya terhadap hidup kita? Terhadap nasib kita?

Hidup kita adalah akumulasi dari hal-hal kecil yang kita lakukan setiap hari secara konsisten (habit).

About author

alexpchandra

Pendiri BPR Lestari. Sekarang BPR #3 se-Indonesia dr sisi asset. Membangun bisnis dari nol sejak 14 thn yg lalu. Sekarang chairman grup bisnis Lestari.

Related items

/ You may check this items as well

alex 3

The Power of Words

“Apa yang kita pikirkan menjadi apa yang kita ke...

Read more
tesla

Tesla

“Apa yang kita pikirkan menjadi apa yang kita ke...

Read more
education

Education

“Apa yang kita pikirkan menjadi apa yang kita ke...

Read more

There is 1 comment

  • Thank you for sharing Pak, as always… Inspiratif and inspiring

  • Leave a Reply