Business Career Entrepreneur Motivation
Inovasi
August 1, 2017
0
, , , , , , ,
foto toko upnormal

“Inovasi terjadinya di pasar, bukan di laboratorium”

Waktu sekolah SMA dulu, kalau saya lagi punya uang, tempat favorit saya adalah warung roti bakar yang di Jalan Sukasari. Saya suka pisang bakarnya yang dikasi cokelat dan keju. Sesekali beli telur yang direbus setengah matang. Pulangnya kadang membawa kopi yang diplastik-in. (saya lupa apakah waktu itu sudah ada menu internet/indomie pake kornet, kayaknya belum.. Internet adalah inovasi belakangan dari warung roti bakar tenda pinggir jalan ini)

Siapa sangka 30 tahun kemudian, ada punya ide, kenapa tidak warung roti tenda pinggir jalan itu disajikan di cafe yang cozy, dikasi wifi dan biar bisa dijadikan tempat nongkrong.

Actually not a very ‘wow’ idea. Biasa ajah. Maybe it is a stupid idea… Gimana caranya bayar rent atau beli perobatan atau bayar listrik buat AC dan lampu-lampu yang indah kalau cuman jual indomie dan Roti Bakar 10 ribuan. But Voila…

Kemarin saya penasaran mau melihat Upnormal, yang katanya bentuk kekinian dari warung roti bakar tempoe doeloe itu. Gambar dibawah menggambarkan kehebohan yang terjadi. (Catatan antrean dan kerumunan itu terjadi jam 10.30 malam).

Jadi ngantuk-ngantuk saya pergi mau makan roti bakar dan akhirnya setelah susah-susah parkir akhirnya pulang lagi karena terlalu mengantuk buat mengantri. ^_^

Inovasi selayaknya mengacu kepada pasar. Inovasi tidak melulu harus ide besar yang mengubah dunia. Ide sederhana seperti membuat versi kekinian dari warung roti bakar yang sudah ada sejak 50 tahun yang lalu bisa jadi bisnis yang sesuatu banget.

Hmmm.. “I don’t know if the trend sustain” kata saya.

Anak saya yang ikut-ikutan ngantri sambil mengantuk-ngantuk bilang “Kenapa tidak? Siapa yang enggak suka indomie?”

About author

alexpchandra

Pendiri BPR Lestari. Sekarang BPR #3 se-Indonesia dr sisi asset. Membangun bisnis dari nol sejak 14 thn yg lalu. Sekarang chairman grup bisnis Lestari.

Related items

/ You may check this items as well

Modern business skyscrapers seen from the window. General view panorama. Financial, economics, future etc. concept.

Economic Common Sense!

“Inovasi terjadinya di pasar, bukan di laborator...

Read more
x factor

What is Your X Factor?

“Inovasi terjadinya di pasar, bukan di laborator...

Read more
(growingwithgratitude.com.au) - Copy

The Wealthies Person on Earth is One Who Appreciates

“Inovasi terjadinya di pasar, bukan di laborator...

Read more

There are 0 comments

Leave a Reply