Business Career Life Motivation
How I Do My Business (2)
April 13, 2018
0
ggg

Fokus, Skill dan Pengalaman

Setelah pertanyaan bisnis apa? Pertanyaan yang muncul berikutnya adalah ‘saya harus mulai darimana?”

Di awal karir saya, saya mencoba melakukan banyak hal. Mulai dari berdagang sandal, mencoba membangun ‘clothing line’ sampai berjualan mobil bekas.

Dari semua ‘petualangan’ saya itu, bisnis money changer yang lumayan berhasil, hasilnya nanti yang kemudian digunakan untuk membeli bank.

Resiko membangun bisnis memang besar. Tingkat kegagalannya tinggi. Sebuah studi yang saya baca mengatakan bahwa success rationya Cuma 5% buat sebuah bisnis start up bertahan di 5 tahun pertamanya. Yang lewat 5 tahun banyak juga yang gagal bertahan sampai lewat 10 tahun. Data ini kongruen dengan pengalaman saya. Dari sekian banyak usaha yangsaya coba bangun, Cuma bank/bisnis keuangan yang kemudian tumbuh menjadi bisnis yang lumayan besar dan menguntungkan (sampai saat ini…) ^_^

Lesson learned dari semua kegagalan ini menunjukkan bahwa kita membutuhkan skill atau keterampilan tertentu untuk bisa memperbesar peluang berhasilnya kita. Salah satu alasan kenapa saya cukup berhasil di bisnis keuangan antara lain pengalaman dan training-training saya selama jadi professional banker.

Jadi tahap selanjutnya menurut saya adalah get skills yang relevan dengan bisnis yang mau kita bangun.

Jalur from E to B menurut saya adalah jalur yang lebih aman untuk membangun bisnis.

Walaupun statistik buat start up tidak begitu menggembirakan (hanya 5% success ratio), yang artinya dari 100 bisnis yang didirikan atau dikerjakan oleh orang yang berpengalaman sukses. Jadi kalau kita berpengalaman dan mempunyai skills-nya, peluang kita naik menjadi 70% ^_^

Berikutnya adalah cobalah fokus pada satu bidang/wilayah dahulu. Kesalahan saya waktu awal-awal adalah mencoba banyak hal. Dan itu berakibat kegagalan dan kegagalan. Walaupun kita bisa belajar dari kegagalan, namun sebaiknya kita belajar dari kegagalan dan pengalaman orang lain saja (if you know what i mean)

Bisnis kecil strateginya adalah fokus. Bisnis besar mungkin nanti harus diversify.

Resources selalu terbatas. Waktu, tenaga, modal selalu terbatas. Jadi ketika kita kecil, strateginya fokus!

About author

alexpchandra

Pendiri BPR Lestari. Sekarang BPR #3 se-Indonesia dr sisi asset. Membangun bisnis dari nol sejak 14 thn yg lalu. Sekarang chairman grup bisnis Lestari.

Related items

/ You may check this items as well

(growingwithgratitude.com.au) - Copy

The Wealthies Person on Earth is One Who Appreciates

Fokus, Skill dan Pengalaman Setelah pertanyaan bis...

Read more
hhh

How I Do You My Business (1)

Fokus, Skill dan Pengalaman Setelah pertanyaan bis...

Read more
(asia-research.net)

Owning a Piece of Indonesia’s Future

Fokus, Skill dan Pengalaman Setelah pertanyaan bis...

Read more

There are 0 comments

Leave a Reply