Career Life Motivation
Education
September 6, 2017
0
, ,
education

Setelah mendengarkan pidato wakil rektor Boston University pada saat penerimaan mahasiswa baru, baru saya ‘ngeh’ dengan tujuan ‘education.’

Training adalah mengajarkan sesuatu yang sudah kita tahu. Sedangkan education adalah merangsang atau menstimulasi nalar, cara berpikir untuk mencari tahu. Jadi tujuan edukasi adalah agar siswa dapat menggunakan nalar dan berpikir kritis, menggunakan dan mencari sumber daya untuk mencari tahu sesuatu yang belum diketahuinya.

Jadi ini menjawab pertanyaan bahwa ketika kuliah, kita memang belajar content, namun yang lebih penting adalah mengembangkan nalar, berpikir kritis, mensintesakan pendapat, mencari jawaban, merangkai dan menyimpulkan.

Makanya saya sekolah insinyur, tapi bisa jadi banker.

ps: ada data menarik bahwa ada 354 mahasiswa baru di BU dari China, sedangkan dari Indonesia cuma 15. Gejala ini kayaknya hampir merata di universitas-universitas dunia. Bayangkan betapa hebatnya SDM China kelak. Anak Indonesia tidak kalah pintar, tapi kalah banyak.

About author

alexpchandra

Pendiri BPR Lestari. Sekarang BPR #3 se-Indonesia dr sisi asset. Membangun bisnis dari nol sejak 14 thn yg lalu. Sekarang chairman grup bisnis Lestari.

Related items

/ You may check this items as well

alex 5

Nasi Uduk Ibu Iis – Demokratisasi Marketing

Setelah mendengarkan pidato wakil rektor Boston Un...

Read more
alex 4

Washington Monument

Setelah mendengarkan pidato wakil rektor Boston Un...

Read more
alex 3

The Power of Words

Setelah mendengarkan pidato wakil rektor Boston Un...

Read more

There are 0 comments

Leave a Reply